Rabu, 09 Mei 2012

SEJARAH PAS BAND WAKTU DULU SAMPE SEKARANG


-PAS BIOGRAPHY-
Pas mulai berdiri pada akhir tahun 1992 dengan formasi awal Bambang (gitar), Trisno (bas), Richard Mutter (drum), dan Yukie (vokal). Perjalanan karir dari panggung ke panggung walau pernah harus pinjam alat ke orang dan dibayar Rp. 25.000,00 sekali manggung tidak menjadikan surutnya harapan untuk maju.
Hal ini dibuktikan dengan pembuatan album indie label “4 Through The Sap” yang bermodalkan tabungan dan donasi simpatisan serta impian. Impian pun terwujud setelah 2500 kaset laku lewat sistem distribusi titipan di beberapa radio di Bandung dan Jakarta, toko-toko kaset dan membengkak sampai lebih dari 10.000 copy.
Sebuah terobosan yang mengharukan setelah demo Pas ditolak oleh beberapa Major Label menghasilkan suatu fenomena baru dalam pembuatan sebuah album rekaman yang selama ini didominasi oleh perusahaan-perusahaan rekaman besar. Sampai sekarang proses rekaman indie label terus berjalan dan semakin menjamur di berbagai kota di Indonesia.
PT. Aquarius Musikindo yang begitu jeli melihat potensi ini, mengkontrak Pas pada album “In(no)sensation”, “IndieVduality”, “Psycho I.D.”, “Ketika…”, “PAS 2.0″, “Stairway to Seventh”, “The BeAst of PAS”, dan “Romantic, Lies, And Bleeding”
Richard Mutter (drummer) mengundurkan diri dari Pas setelah tour album Psycho I.D. berakhir. Penggarapan album “Ketika…” tanpa Richard tidak menjadikan Pas berhenti untuk terus berkreasi dalam blantika musik Indonesia. Hal ini terbukti dengan dirilisnya album 2.0 pada 2003. Posisi Richard Mutter sebagai drummer telah digantikan oleh Sandy Andarusman (Mantan U’Camp) yang resmi pada album ke enam Pas sebagai drummer tetap setelah mendampingi Pas selama pembuatan album Ketika… sampai sekarang.
-PAS DISCOGRAPHY-
#1. Four Through The Sap (1993)
Album ini merupakan mini album yang diproduksi secara indie label oleh SAP Music Management dan terjual sebanyak lebih dari 10.000 copy dalam waktu 3 bulan. Yang kemudian album ini dibeli dan diproduksi kembali oleh Aquarius Musikindo.
Berisi 4 buah lagu “Dogma”, “Gangster of Love”, “Old Fashioned Sickness”, dan “Here Forever”.
Album ini membawa Pas tampil di acara “PORT CANNING MUSIC FESTIVAL” di Singapura dihadapan ratusan musisi Singapura.
Tracklists:
1. Old Fashion Sickness
2. Gangster of Love
3. Dogma
4. Here Forever
#2. In (no) Sensation (1995)
Album pertama yang diproduksi dibawah label Aquarius Musikindo; berisi 11 lagu, 7 berlirik bahasa Inggris dan 4 berlirik bahasa Indonesia. Additional musician yang terlibat dalam album ini adalah Jikun /rif yang mengisi track gitar pada lagu “Si Berat” dan “Konsepsi”. Hits single & Video Klip: “Impresi” Video klip “Impresi” tersebut merupakan video klip dari Pas band yang pertama dan dicekal untuk ditayangkan karena berisikan adegan-adegan “MOSHING” yang pada saat itu oleh pihak-pihak stasiun TV belum dianggap lazim dalam pertunjukan musik di Indonesia, dimana satu tahun kemudian “MOSHING” menjadi sebuah ritual wajib para penonton pada pertunjukan musik Rock. Video klip “Impresi” ini merupakan hasil karya dari Pas sendiri. Pas tampil sebagai Headliner di acara “JAKARTA POP ALTERNATIVE FESTIVAL” pada tahun 1997 bersama musisi-musisi mancanegara yaitu “Beasty Boys”, “Foo Fighter”, “Sonic Youth” dan musisi-musisi dalam negeri yaitu “Netral” dan “Nugie”.
Tracklists:
1. For The Truth
2. Never Be Lonely
3. War
4. Impresi
5. Poisoned Garden
6. Fountain
7. Bang Your Head
8. Red Light Shooter
9. Si Berat
10. Why We Have
11. New Fashioned
12. Dogma (Bonus track)
#3. indieVduality (1997)
indieVduality melahirkan hits single berjudul “Anak Kali Sekarang” dan 1 lagu berbahasa Jerman “Schiebung des Madchen”. Musisi tamu yang terlibat dalam album ini adalah Maggi /rif dan Andi /rif. Di Album ini pula untuk pertama kalinya Trisnoize merangkap sebagai vocalist pada 3 lagu (Schiebung des Madchen, Fear, Fallin Into The Faint). Video klip : “Anak, Kali, Sekarang” (Baru tayang 2X, lagi-lagi dicekal)
Tracklists:
1. Deskripsi
2. Anak, Kali, Sekarang
3. Singomenggolo
4. Schiebung des Madchen
5. Harmonic (Instrument)
6. Menganga
7. Realita
8. Perjalanan
9. Fear
10. Solusi
11. Fallin Into The Faint
#4. Psycho ID (1998)
Berisikan hits single “Bocah”, dan additional player pada album kali ini diisi oleh Robin (Puppen), Andi APEL, Koseng (Full of Hate). Album ini merupakan album terakhir kebersamaan Richard (drummer) bersama Pas sebelum mengundurkan diri.
Tracklists:
1. Kembali
2. Regulasi
3. Bocah
4. Kucing
5. Yob Eagger
6. Tak Sudi (Kumaha Aing!)
7. Blind Majesty
8. Dimana Para Bestari
9. Nyamuk Yang Bingung
10. Simala Karma
11. Coda
#5. Ketika… (2000)
Meneruskan kebiasaan di album-album sebelumnya, di album ini Pas berkolaburasi dengan Sandy U’Camp (drummer) – yang menjadi additional drummer Pas baik rekaman dan live setelah ditinggalkan Richard, Tere – yang berduet dalam lagu “Kesepian Kita” dan Jordan “The Fly” – sebagai additional drummer di lagu “Hey Negeri”, “Pantai Abisss”. Album ini membawa PAS untuk tampil sebagai Headliner pada pertunjukan musik terbesar se-Asia yaitu “Busan Rock Festival” (BIROF) 2001. Dimana Pas tampil bersama musisi-musisi dari 26 negara dihadapan lebih dari 80.000 penonton dari mancanegara.
Pas tampil dalam film “Ada apa dengan cinta?” membawakan lagu “Kesepian kita”. Hits single & Video klip: “Kesepian Kita” dan “Terlalu Yakin, Mungkin…”
Tracklists:
1. Terlalu Yakin, Mungkin
2. Menyambut Pagi
3. Kesepian Kita (feat. Tere)
4. Mobil Toku
5. Ternyata Kau
6. Pantai Abisss
7. Aha
8. Boom
9. Sesal
10. Hey Negeri
#6. Pas 2.0 (2002)
Di album PAS 2.0 ini Sandy resmi menjadi drummer Pas. Musisi-musisi yang terlibat Andi APEL, Seysey VIRUS, Andi PURPOSE, Asus dan beberapa session player diantaranya Agung dan Gatot.
Pas membawakan satu lagu karya The Beatles berjudul “Yesterday” yang diaransemen ulang dengan karakter Pas, dan ini menjadikan Pas sebagai satu-satunya band dari Indonesia yang berhasil mendapat ijin untuk membawakan karya dari musisi paling terkenal di dunia, The Beatles. Yang mana sebelumnya beberapa musisi besar Indonesia tidak berhasil mendapatkan ijin tersebut.
Pas juga membuat satu lagu yang didedikasikan untuk tim sepakbola dari Bandung (PERSIB) yang berjudul “Aing pendukung PERSIB”
Hits Single: “Malam Tetaplah Malam”, “Yesterday”, “Jengah” dan “Sejuta Harapan”.
Tracklists:
1. Jengah
2. Malam Tetaplah Malam
3. Tak Pernah Ada
4. Musnah (feat. Virus)
5. Singgasana Tuhan
6. Here Forever (Accoustic)
7. Aing Pendukung Persib
8. Lagu Tour
9. Sejuta Harapan
10. Yesterday (The Beatles cover)
11. Yob Eagger #2
12. Biarlah
#7. Stairway to Seventh (2004)
Album Pas yang juga melibatkan beberapa musisi diantaranya Reza Artamevia, Bunga Citra Lestari, Ebith Beat’A, Eno Netral, Andi APEL, Asus dan salah satu penyayi seriosa terbaik di Indonesia yaitu Christopher Abimanyu. Hits Single & Video Klip:”Getir”, “Kumerindu”
Tracklists:
1. Paser
2. Bandingkan (feat. Ebieth Beat A)
3. Nyoto Rahwono
4. Bayangan (U’Camp cover)
5. Getir (feat. Reza)
6. KHB (Kaum Homo Boo)
7. Penguasa
8. Sesaat
9. Kemarau
10. Kumerindu
#8. The BeAst of PAS (2006)
Album dengan format The Best ini berisi 11 lagu, dengan 3 buah lagu baru yang berjudul Gladiator (ft. Iday), Permata Yang Hilang & Romeo and Juliette. 8 lagu lama yang terdapat dalam album ini adalah : “Anak, Kali, Sekarang”, “Bocah”, “Getir (ft. Reza)”, ”Impresi”, ”Jengah”, “Kesepian Kita (ft. Tere)”, ”Kumerindu (ft. Bunga Citra lestari)”, ”Pantai Abiss”, dan ”Yesterday”. Hits Single : Semua lagu
Video Klip : “Gladiator”, “Permata Yang Hilang”
Tracklists:
1. Permata Yang Hilang
2. Romeo and Juliette
3. Impresi
4. Anak, Kali, Sekarang
5. Kesepian Kita (feat. Tere)
6. Kumerindu (feat. BCL)
7. Jengah
8. Gladiator (feat. Iday)
9. Pantai Abisss
10. Bocah
11. Getir (feat. Reza)
12. Yesterday (The Beatles cover)
#9. Romantic, Lies, And Bleeding (2008)
Setelah sempat mengalami penundaan beberapa kali yang disebabkan beberapa faktor. Akhirnya Album ke-9 Pas Band ini rilis juga. Lagu yang dijadikan Hits Single dalam Album ini adalah lagu yang berjudul AKU.Album yang diberi judul Romantic…Lies…And Bleeding ini memuat 12 lagu, yaitu :
1. Skandal
2. Morning Bozz
3. Aku (Band Version)
4. Romantic Tripsix (feat. Ronaldisko)
5. Paris Hilton (feat. Melani Subono)
6. Selamat Tinggal Terpuruk
7. Terang Bulan
8. Arti Kawan (feat. Diaz “Volta”)
9. Raja Muda (feat. Jubran & d’Cang)
10. Insanity
11. Mata Hati
12. Aku
Di Album ini Pas bekerjasama dengan beberapa musisi dan bahkan 2 orang putra dari Yukie Sang Vokalis yaitu Jubran & D’Chank ikut mengisi vokal pada lagu “Raja Muda”. Para musisi yang berperan dalam Album ini diantaranya : Idai, Munk-Q (7 Kurcaci), Melanie Subono, Andi “Slash” APEL, Diaz APEL, Rondis (Ronald Extravaganza), Andi Rianto Orkestra, dll.
Di Album ini kita akan disuguhkan Nada-nada dinamis, Melodic Funk serta distorsi yang garang oleh Bengbeng yang eksploratif, hentakan-hentakan drum yang mantap dari Sandy, serta variasi permainan Bass Trisnoize yang ekplosive, lirik-lirik yang liar serta lengkingan vokal yang powerfull dari Yukie serta Trisnoize (Trisnoize mengisi vokal pada 2 lagu, “Insanity” & “Paris Hilton”) sebagai ciri khas Pas Band. Pas Band terlihat kembali muda dan segar pada track-track “Insanity”, “Selamat Tinggal Terpuruk”, dan “Raja Muda”. Menurut gw pribadi, 3 track tersebut adalah yang paling Liar dalam album ini, sehingga mengingatkan pada lagu “Poisoned Garden” yang terdapat di Album kedua Pas band, yaitu In (No) Sensation. Jangan kaget juga jika kita menemukan variasi “Hip Metal Melodic Core Nasyid” (entah apalah namanya huehehe…) pada track “Mata Hati” (Pas Band feat. Idai & Munk-Q 7 Kurcaci).
Di Album ini kita juga akan menemukan track yang “Menenangkan” dan terkesan Melankolis pada lagu “Aku” yang juga dijadikan hits Single (Gw masih ga terima nih lagu ini dijadikan hits single, heheh…sowry), namun tetap dengan ciri khas Pas Band yaitu lirik yang tidak umum. Ada pula track Akustik dengan vokal yang penuh penghayatan dari Yukie dan Diaz APEL (backing vokal), yaitu pada track “Arti Kawan”.
Tak ketinggalan ada juga satu track semi techno yaitu “Romantic Tripsix”, serta bonus track “Aku (Band version), yaitu track “Aku” yang diberikan sentuhan Orkestra (Andi Rianto) menjadikan lagu ini sedikit lebih “wahh…”. Lagu bertemakan Pantai juga kembali dibawakan Pas Band pada track “Morning Buzz”. Dan meneruskan kebiasaan Pas Band mengaransemen ulang lagu milik Band lain, seperti “Bayangan” (U-Camp) dan “Yesterday” (The Beatles), kali ini Pas Band mencoba lagu “Terang Bulan” milik Koes Ploes. Entah apakah Pas Band cukup berhasil mengubah wajah lagu ini dari aslinya atau tidak, sebab gw sendiri belum pernah mendengarkan lagu aslinya.
Lagu yang paling Gw suka di Album ini adalah “Insanity” yang vokalnya diisi oleh Trisnoize. Opening pada lagu ini terkesan amat Gloomy, namun seketika kita akan dikejutkan dengan gebrakan distorsi gitar Bengbeng yang bermain pada nada rendah dengan irama dinamis diiringi hentakan drum yang konsisten oleh Sandy serta sesekali dipadukan melodic funk liar made in Bengbeng. Apalagi didukung karakter vokal Trisnoize yang berat dan powerfull, menjadikan lagu ini terkesan kuat dan megah…!!!
Secara keseluruhan Album Romantic…Lies…And Bleeding ini sangat variatif, fresh, eksploratif dan liar. Dari skala 1 sampai 10, Gw memberikan Nilai 7.5 untuk Album ini.
Sow buat pencinta musik yang ingin mendengarkan musik yang bercitarasa tinggi dari sisi musikalitas dan khususnya bagi PasERS yang merindukan karakter asli Pas Band yang pada beberapa Album terakhir terlihat redup, kalian pasti akan terpuaskan dengan lagu-lagu cadas di Album Romantic…Lies…And Bleeding ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

download free mp3

Download
  • Demo Toko Online By Niadesain.com
  • Demo Toko Online By Niadesain.com
  • Demo Toko Online By Niadesain.com
  • Demo Toko Online By Niadesain.com
  • Demo Toko Online By Niadesain.com

Demo Toko Online By Niadesain.com - Toko Online B

Selamat Datang Di website Demo Toko Online B, Dengan fitur lengkap memudahkan anda dalam melakukan pejualan barang secara Online, miliki segera hanya di http://www.niadesain.com Dapatkan Diskon Khusus untuk 10 orang pembeli pertama
Rp 500.000 540.000
Order Sekarang » SMS : 089899999999
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTB-0015
Nama BarangLondon Times Gathered Front Batik Print Dress APRICOT 14
Harga Rp 200.000 250.000